Minggu, 10 April 2011

Wikileaks. BI 2, Sostskill 2011

Banya orang yang belum tau tentang apa itu wikileaks, WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks ini menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Wikileaks ini diluncurkan pada tahun 2006. Untuk dapat mengakses situs ini, anda dapat mengakses www.wikileaks.ch yang merupakan alamat baru dari Wikileaks yang dialihkan karena alasan keamanan.
Wikileaks didirikan oleh disiden politik Cina dan juga jurnalis, matematikawan dan teknologi dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia dan Afrika selatan. Disebutkan dalam sebuah majalah The New Yorker, bahwa direktur Wikileaks adalah seorang jurnalis dan aktivis internet Australia yang bernama Julian Assange.
Situs ini telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist pada tahun 2008 silam. Pada bulan Juni 2009, Wikileaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul “Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances”, yang berisi sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan Wikileaks pada peringkat pertama dalam “situs yang benar-benar bisa mengubah berita”.
Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan. Selanjutnya, pada oktober 2010, hamper 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini.
Jadi secara garis besar dapat dikatakan Wikileaks adalah sebuah situs taraf internasional yang menginformasikan tentang berita. Berita yang diulas pada situs ini bukan berita biasa, tetapi berita-berita bersifat rahasia yang seharusnya tidak dibeberkan kepada public. Sebuah keuntungan bagi para pengguna internet yang mau membaca di situs berita Wikileaks ini. Namun bisa disebut “kerugian” bagi para pemerintah yang rahasia kenegaraannya, yang seharusnya tidak diketahui oleh public, dibocorkan melalui situs ini.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/WikiLeaks
http://news.okezone.com/read/2010/12/29/349/408433/wikileaks-menarik-perhatian-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar