Senin, 01 November 2010

MODEL PERILAKU KONSUMEN

        Untuk menjelaskan perilaku pasar konsumen perlu dibangun model analisis yang memadai. Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan respons perilaku atas stimulant yang ditrima konsumen. Model yang mendasarkan pada arus proses perilaku konsumen ini sering di kenal sebagai model rangsang tanggapan (stimulus respons model).
        Didasarkan pada konsep pemahaman yang memperkuat kembali (reinforcement theory of learning) atas motivasi seseorang sebagai respons atas stimulan yang diterima sebelumnya. Respons yang terjadi (effects of learning) akan menjadikan perilaku seseoarang (merupakan factor keluaran). Model ini dikembangkan oleh ahli psikologi,BF skinner (1971).
         Stimulan yang merupakan masukan proses perilaku di bedakan atas rangsangan pemasaran dari perusahaan dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu sendiri. Sedang proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh factor keluaran dapat merupakan keputusan pembelian (dan pembelian selanjutnya) atau tidak melakukan pembelian (menolak produk yang ditawarkan).
A.     Produk konsumen
         Produk konsumen adalah produk-produk yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen (akhir) dan kluarganya sendiri. Untuk dasar perencanaan pemasaran ,produk konsumen dibedakan atas dasar perilaku pembelian dan respons konsumen terhadap kegiatan pemasaran.
B.     Pasar konsumen
         Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga)yang membeli dan mengkonsumsikan barang dan jasa untuk kepentingan pribadi maupun kluarga.
Tujuan pasar konsumen mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan sendiri dan untuk rumah tangganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar