Struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama. Yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.
Struktur system lingkungan pemasaran :
- lingkungan luar makkro :
 - kondisi perekonomian
 - hokum dan politik pemerintahan
 - kependudukan dan ekologi
 - teknologi
 - perindustrian
 - lingkungan luar mikro :
 - pemasok
 - perantara
 - industri-pesaing-perusahaan
 - perantara
 - pasar
 - lingkungan internal :
 
aspek pemasaran          : produk,harga,promosi,distribusi
aspek non pemasaran   : keuangan,personalia,produksi
Lingkungan internal
Lingkungan internal adalah kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan. Untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran,pemasaran mampu melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan.
Perusahaan ini dapat melakukan alokasi sumberdaya secara produktif melalui koordinasi factor manusia dan alat-alat manajemen.
Oleh karena itu analisis lingkungan internal merupakan factor penentu untuk menyusun strategi pemasaran.
Bisnis yang mempunyai konsep produk (product driven) misalnya mengutamakan kegiatan produksinya lebih dominant daripada kegiatan-kegiatannya yang lain.
Lingkungan internal bersifat universal meliputi keseluruhan fungsi-fungsinya yang dilakukan  oleh setiap bisnis , akan tetapi tidak setiap bisnis menjalankan semua kegiatan-kegiatan fungsi tersebut.
Pemahaman lingkungan internal ( fungsi pemasaran dan fungsi non pemasaran ) pada umumnya perlu di tekankan pada aspek :
- sumberdaya ( resources) organisasi
 
aspek sumberdaya organisasi meliputi kekayaan , kemampuan , dan posisi pasar .
- manusia ( human )
 
aspek manusia.sumberdaya manusia merupakan kekuatan perusahaan , tetapi sebaliknya dapat juga sekaligus sebagai ancaman perusahaan apabila tidak di kendalikan dengan baik .
- manajerial dan teknologi
 
aspek alat-alat manajemen dan teknologi,yang meliputio system informasi , organisasi dan teknik-teknik operasional.
Lingkungan internal pemasaran  
Pada umumnya aspek pemasaran meliputi kegiatan-kegiatannya :
- perancanaan barang
 - penetapan harga
 - program promosi
 - saluran distribusi
 
Lingkungan internal nonpemasaran
Aspek nonpemasaran adalah kegiatan-kegiatan fungsional atau operasional perusahaan :
- pruduksi
 - personalia
 - keuangan
 - penelitian dan pengembangan
 - administrasi
 
Lingkungan Eksternal
lingkungan eksternal adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar  kekuasaan atau pemasar. Pengaruh-pengaruh akan memaksa pemasar untuk menyesuaikan arahdan strateginya agar tetap survive di lingkungannya .
Lingkungan eksternal macro
lingkungan luar macro meliputi aspek :
- kondisi perekonomian
 - hokum
 - kependudukan
 - teknologi
 - social
 
lingkungan eksternal mikro
- pemasok
 - pesaing
 - perantara
 - pasar
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar