Struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama. Yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.
Struktur system lingkungan pemasaran :
- lingkungan luar makkro :
- kondisi perekonomian
- hokum dan politik pemerintahan
- kependudukan dan ekologi
- teknologi
- perindustrian
- lingkungan luar mikro :
- pemasok
- perantara
- industri-pesaing-perusahaan
- perantara
- pasar
- lingkungan internal :
aspek pemasaran : produk,harga,promosi,distribusi
aspek non pemasaran : keuangan,personalia,produksi
Lingkungan internal
Lingkungan internal adalah kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan. Untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran,pemasaran mampu melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan.
Perusahaan ini dapat melakukan alokasi sumberdaya secara produktif melalui koordinasi factor manusia dan alat-alat manajemen.
Oleh karena itu analisis lingkungan internal merupakan factor penentu untuk menyusun strategi pemasaran.
Bisnis yang mempunyai konsep produk (product driven) misalnya mengutamakan kegiatan produksinya lebih dominant daripada kegiatan-kegiatannya yang lain.
Lingkungan internal bersifat universal meliputi keseluruhan fungsi-fungsinya yang dilakukan oleh setiap bisnis , akan tetapi tidak setiap bisnis menjalankan semua kegiatan-kegiatan fungsi tersebut.
Pemahaman lingkungan internal ( fungsi pemasaran dan fungsi non pemasaran ) pada umumnya perlu di tekankan pada aspek :
- sumberdaya ( resources) organisasi
aspek sumberdaya organisasi meliputi kekayaan , kemampuan , dan posisi pasar .
- manusia ( human )
aspek manusia.sumberdaya manusia merupakan kekuatan perusahaan , tetapi sebaliknya dapat juga sekaligus sebagai ancaman perusahaan apabila tidak di kendalikan dengan baik .
- manajerial dan teknologi
aspek alat-alat manajemen dan teknologi,yang meliputio system informasi , organisasi dan teknik-teknik operasional.
Lingkungan internal pemasaran
Pada umumnya aspek pemasaran meliputi kegiatan-kegiatannya :
- perancanaan barang
- penetapan harga
- program promosi
- saluran distribusi
Lingkungan internal nonpemasaran
Aspek nonpemasaran adalah kegiatan-kegiatan fungsional atau operasional perusahaan :
- pruduksi
- personalia
- keuangan
- penelitian dan pengembangan
- administrasi
Lingkungan Eksternal
lingkungan eksternal adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau pemasar. Pengaruh-pengaruh akan memaksa pemasar untuk menyesuaikan arahdan strateginya agar tetap survive di lingkungannya .
Lingkungan eksternal macro
lingkungan luar macro meliputi aspek :
- kondisi perekonomian
- hokum
- kependudukan
- teknologi
- social
lingkungan eksternal mikro
- pemasok
- pesaing
- perantara
- pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar