Rabu, 22 Desember 2010

ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN


     Struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama. Yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.

Struktur system lingkungan pemasaran :
  1. lingkungan luar makkro :
    1. kondisi perekonomian
    2. hokum dan politik pemerintahan
    3. kependudukan dan ekologi
    4. teknologi
    5. perindustrian
  2. lingkungan luar mikro :
    1. pemasok
    2. perantara
    3. industri-pesaing-perusahaan
    4. perantara
    5. pasar
  3. lingkungan internal :
aspek pemasaran          : produk,harga,promosi,distribusi
aspek non pemasaran   : keuangan,personalia,produksi

Lingkungan internal

Lingkungan internal adalah kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan. Untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran,pemasaran mampu melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan.
Perusahaan ini dapat melakukan alokasi sumberdaya secara produktif melalui koordinasi factor manusia dan alat-alat manajemen.
Oleh karena itu analisis lingkungan internal merupakan factor penentu untuk menyusun strategi pemasaran.
Bisnis yang mempunyai konsep produk (product driven) misalnya mengutamakan kegiatan produksinya lebih dominant daripada kegiatan-kegiatannya yang lain.
Lingkungan internal bersifat universal meliputi keseluruhan fungsi-fungsinya yang dilakukan  oleh setiap bisnis , akan tetapi tidak setiap bisnis menjalankan semua kegiatan-kegiatan fungsi tersebut.

Pemahaman lingkungan internal ( fungsi pemasaran dan fungsi non pemasaran ) pada umumnya perlu di tekankan pada aspek :
  1. sumberdaya ( resources) organisasi
aspek sumberdaya organisasi meliputi kekayaan , kemampuan , dan posisi pasar .
  1. manusia ( human )
aspek manusia.sumberdaya manusia merupakan kekuatan perusahaan , tetapi sebaliknya dapat juga sekaligus sebagai ancaman perusahaan apabila tidak di kendalikan dengan baik .
  1. manajerial dan teknologi
aspek alat-alat manajemen dan teknologi,yang meliputio system informasi , organisasi dan teknik-teknik operasional.

Lingkungan internal pemasaran  
Pada umumnya aspek pemasaran meliputi kegiatan-kegiatannya :
  1. perancanaan barang
  2. penetapan harga
  3. program promosi
  4. saluran distribusi

Lingkungan internal nonpemasaran
Aspek nonpemasaran adalah kegiatan-kegiatan fungsional atau operasional perusahaan :
  1. pruduksi
  2. personalia
  3. keuangan
  4. penelitian dan pengembangan
  5. administrasi

Lingkungan Eksternal

lingkungan eksternal adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar  kekuasaan atau pemasar. Pengaruh-pengaruh akan memaksa pemasar untuk menyesuaikan arahdan strateginya agar tetap survive di lingkungannya .

Lingkungan eksternal macro
lingkungan luar macro meliputi aspek :
  1. kondisi perekonomian
  2. hokum
  3. kependudukan
  4. teknologi
  5. social
lingkungan eksternal mikro
  1. pemasok
  2. pesaing
  3. perantara
  4. pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar